13 Okt 2019

Manajemen Rantai Pasokan - Diskusi 1

Jelaskan apa yang dimaksud Manajemen Rantai Pasok, tujuan dari manajemen rantai pasok  dan bagaimanakah agar manajemen rantai pasok dapat berhasil!

Berdasarkan materi inisiasi 1 dan BMP UT EKMA4371/Manajemen Rantai Pasokan, maka jawaban saya adalah:

  1. Pengertian Manajemen Rantai Pasokan: Manajemen Rantai pasokan atau yang dalam bahasa Inggris Supply Chain Management biasa disingkat SCM adalah bentuk kerjasama suatu layanan dengan layanan lainnya yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan. Proses pemenuhan kebutuhan pelanggan ini dimulai dari penyediaan bahan mentah hingga pengiriman barang kepada pelanggan. Umumnya gambaran sistem SCM adalah supplier, distributor dan customer.
  2. Tujuan Manajemen Rantai Pasokan: Mencapai biaya yang minimum dan tingkat pelayanan yang maksimum. Ada 3 tujuan diterapkannya manajemen rantai pasokan yaitu 1. Pengiriman Produk tepat waktu, 2. Mengurangi biaya, 3. Memaksimalkan hasil dari semua rantai pasokan.
  3. Cara agar Manajemen Rantai Pasokan dapat berhasil: Keberhasilan implementasi manajemen rantai pasokan dapat diukur dalam periode jangka panjang dan selalu memanfaatkan teknologi informasi dalam penerapannya. Agar manajemen rantai pasokan dapat berhasil maka diperlukan pengelolaan yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan rantai pasokan antara lain: Sasaran Lingkup Pasar, Perilaku Pembelian Pelanggan, dan Tipe Distribusi. Tipe distribusi sendiri terbagi 3 yaitu Distribusi Intensif, Distribusi Selektif, dan Distribusi Eksklusif.xt5qdsa4e3AW2Q1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Riset Operasi - Diskusi 2

Diskusikanlah, mengapa pengambilan keputusan secara kuantitatif diperlukan dalam pengambilan keputusan bisnis? Jawaban: Menurut ...